halaman

Argo (2012)

Argo adalah sebuah film thriller Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Ben Affleck, diangkat dari kisah nyata "Canadian Caper", saat Tony Mendez, seorang agen CIA, memimpin penyelamatan enam diplomat di Teheran, Iran, selama terjadinya krisis sandera Iran 1979.

Film ini dibintangi oleh Affleck sebagai Mendez, Bryan Cranston, Alan Arkin, dan John Goodman. Dirilis di Amerika Utara pada tanggal 12 Oktober 2012 dan sukses secara kritis maupun komersial. Film ini diproduksi oleh Affleck, George Clooney, dan Grant Heslov. Kisah penyelamatan dalam film ini sebelumnya juga diceritakan dalam sebuah film televisi tahun 1981 berjudul Escape from Iran: The Canadian Caper, yang disutradarai oleh Lamont Johnson.[3][4]

Argo menerima tujuh nominasi dalam Academy Awards ke-85, termasuk Film Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik (Chris Terrio), serta Aktor Pendukung Terbaik (Alan Arkin), dan berhasil membawa pulang tiga piala Oscar, yakni untuk Film Terbaik, Penyuntingan Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik. Argo juga menerima lima nominasi dalam Golden Globe ke-70, dan berhasil membawa pulang dua piala, yakni Film Terbaik (Drama), dan Sutradara Terbaik.

Militan menyerang kedutaan besar Amerika Serikat di Teheran pada tanggal 4 November 1979, sebagai pembalasan karena melindungi Shah yang baru digulingkan. Lebih dari 50 staf kedutaan yang disandera, namun enam di antaranya berhasil melarikan diri dan bersembunyi di rumah duta besar Kanada Ken Taylor (Victor Garber). Dengan situasi pelarian yang dirahasiakan, Departemen Luar Negeri AS mulai mengeksplorasi pilihan untuk "mengeksfiltrasi" mereka dari Iran. Tony Mendez (Ben Affleck), seorang spesialis CIA dikirim untuk membantu mereka. Mendez awalnya tidak memiliki ide, dan kemudian ia terinspirasi di rumahnya setelah menonton Battle for the Planet of the Apes di TV dengan putranya, ia berencana untuk membuat sebuah film palsu, membawa nama Kanada sebagai pelindung utama, dengan segala detail yang sangat bersih, sehingga Mendez dapat masuk ke Iran, yang ketika itu masih terus diwarnai demonstrasi besar-besaran dengan tingkat sensitifitas yang sangat tinggi terhadap orang asing.

Mendez dan atasannya Jack O'Donnell (Bryan Cranston) kemudian mengontak John Chambers (John Goodman), penata rias Hollywood yang sebelumnya telah bekerja sebagai penyamar untuk CIA. Chambers menjalin koneksi dengan produser film Lester Siegel (Alan Arkin). Bersama-sama mereka mendirikan sebuah studio film palsu, mempublikasikan rencana mereka, dan berhasil membuat dalih untuk mengembangkan Argo, yaitu sebuah film "fiksi ilmiah" yang bergaya Star Wars. Mendez mulai melatih enam staf tersebut untuk menyamar menjadi bagian dari tim produksi. Semua informasi palsu diberikan, dari nama palsu, jabatan, hingga kisah masa lalu mereka. Meskipun berada dalam perlindungan duta besar Kanada, mereka tetap tidak dapat membuang-buang waktu seiring tensi yang terus memanas di Teheran. Namun, dihari keberangkatan Mendez mendapat kabar mengejutkan, operasi dibatalkan oleh pemerintah AS.




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...